Menguak Misteri Kemuliaan dalam Sholat Subuh

Misterisubuh

Judul        : Keajaiban Sholat Subuh

Penulis    : Imad Ali Abdus Sami Husain

Penerbit  : Wacana Ilmiah Press (WIP)

Cetakan  : VII Juni 2006

Tebal      : 168 hal.

Buku ini adalah salah satu pemberian sahabat baik saya yang mengirimkannya sekitar pertengahan November tahun lalu. Ada tiga buku yang dia kirim untuk saya, dua buku religi dan satu buku remaja, meskipun sahabat saya itu tau, saya bukan remaja lagi. Terima kasih sekali atas sumbangan beberapa bukunya. Pasti sangat bermanfaat untuk saya. Pasti…



Penulis buku Keajaiban Shalat Subuh ini adalah seorang Doktor Bidang Dakwah dan Tsaqofah Islamiyah Universitas Al Azhar Kairo. Buku ini disusun atas latar belakang keprihatinan Beliau tentang diremehkannya pelaksanaan shalat Subuh oleh umat Islam, padahal di dalamnya terkandung kemuliaan yang agung. Buku ini berusaha mengungkapkan keajaiban dan misteri kemuliaan yang ada di balik pelaksanaan shalat Subuh. Keluasan wawasan sang penulis, ditambah kedalaman pengetahuannya akan nash-nash syar’i, menyadarkan kepada kita ihwal keistimewaan shalat Subuh yang selama ini kurang banyak dimengerti oleh umat Islam.

“Barangsiapa yang melaksanakan sholat isyak secara berjamaah, maka ia seperti sholat malam separuh malam, dan barang siapa yang melaksanakan sholat subuh secara berjamaah, maka ia seperti sholat malam satu malam penuh” (HR. Muslim

Demikian jelas seperti ditulis dalam pengantar buku ini, bahwa sholat subuh merupakan sholat yang “istimewa”. Sholat subuh menjadi tolok ukur keimanan seseorang. Seperti sabda Rasul saw berikut :  “Shalat yang paling berat bagi orang-orang munafik adalah shalat Isya’ dan Subuh.”  (HR. Ahmad).

Mengapa berat? Mengapa mata seakan sulit dibuka ketika azan subuh berkumandang?  Kita seolah enggan memercik muka dengan air wudhu untuk kemudian bergegas menuju masjid,  bahkan malah memilih membenamkan diri di balik selimut untuk melanjutkan mimpi. Tidak sedikit dari kita yang meremehkan pelaksanaan sholat subuh secara berjamaah. Sholat Subuh berjamaah biasanya hanya diikuti oleh “sedikit sekali” umat Islam itupun hanya mereka yang sudah berusia lanjut  saja yang mengisi shaf-shaf terdepan. Di mana kita? kaum muda yang katanya penuh semangat ini bersembunyi?

Sesungguhnya masjid-masjid itu merintih dan mengeluh karena dijauhi oleh mayoritas manusia ketika sholat subuh dilaksanakan. Kalau bukan karena ketentuan Allah bahwa benda-benda mati tidak bisa berbicara, tentu manusia bisa mendengar suara rintihan dan keluhan masjid itu kepada Robbnya.

Buku ini sangat praktis dan penting untuk dimiliki oleh kaum muslimin karena selain rujukan ayat ayat kebanyakan adalah ayat-ayat yang sering kita baca. Di dalam buku ini juga dimuat beberapa kiat prakstis agar kita mampu menjaga / memelihara sholat subuh secara konsisten dan hukum penting terkait dengan sholat subuh. (Nai)

About these ads

12 Komentar

Filed under Religi

12 responses to “Menguak Misteri Kemuliaan dalam Sholat Subuh

  1. ternyata shalat shubuh berjamaah memang sangat berat lho… Sering shubuh berjamaah Nai?

    -> Kadang da…sayang yah padahal terlewatkan tanpa berjamaah…

  2. luar biasa… bener-bener….

  3. etty

    Assalamu’alaikum W.W.
    Dari tulisan-tulisan diatas, sepertinya kewajiban sholat subuh berjamaah di masjid/musholla, hanya diperuntukan bagi kaum laki-laki, bagaimana dengan kaum perempuannya? apakah diwajibkan spt halnya kaum laki-laki?
    Kepada bapak-bapak yang mengetahui/ dapat menjawab pertanyaan tersebut, saya sampaikan terima kasih. Wassalam.

  4. andialiani

    assalamualaikum mas.
    Saya sering sekali bangun kesiangan,padahal setelah shalat isya, Saya sering berdoa untuk dibangunkan shalat subuh, tapi hasilnya…..Bablas meneh!!! bisa nggak kasih tips n trik plus doa yang mujarab deh, biar subuhnya gak kebablasan lagi.
    Trims

  5. Assalamualaikum
    Begitu agungnya shalat subuh, tapi sayang banyak juga yang meninggalkannya karena alasan kesiangan. Bukti keagungannya adalah kita tetap harus shalat meskipun bangun kesiangan atau sudah diluar jam shalat.

  6. gomana caranya agar kita terbangun dan tak malas dalam mengerjakan sholat subuh. dan apakah solat subuh itu lebih istimewa di bandingkan dengan sholat tahajud. tolong dong minta penjelasannya.

    • Tips mudah bangun subuh;
      1. Tidur lebih awal, tidak terlalu larut.
      2. Berwudu sebelum tidur dan berdoalah utk bangun subuh.
      3. Kuatkan tekad dan visualisasikan kemuliaan2 solat subuh berjamaah.
      4. Minta bantuan subuh call kepada teman atau keluarga yg sdh terbiasa subuh berjamaah.
      5. Berdoalah setiap selesai solat agar Alloh beri kesempatan utk solat berjamaah PD solat berikutnya.
      Semoga membantu dan Alloh berikan inayah KPU saudaraku, aaamiin

  7. kalo ada ustadz yg menggalakkan majelis dhuha nasional, mari kita galakkan majelis sholat shubuh berjamaah nasional, saya rasa lebih baik dari majelis itu

  8. Dicky BP

    Assalammu’alaikum wr.wb.
    Bila kita akan bangun pagi jam 3.00 Baca Ayat Kursi 1 x , QS AL-Ikhlas 3 x ,QS AL-Falaq 1 x , QS Al-Annas 1 x ditambah Salawat Nabi minta kepada Allah Ta’ala dibangunkan pada waktu yang kita kehendaki ( bantal kita tepuk 3 kali ) dengan catatan sebelum tidur kita bersuci dulu (dari hadas besar dan kecil ) Insya Allah kita akan dibangunkan oleh Malaikat Allah Swt. Amin Yaa Robb.
    Jazakummalahu khair
    Wassalammu’alaikum wr.wb.
    IKHWAN

  9. “Shalat yang paling berat bagi orang-orang munafik adalah shalat Isya’ dan Subuh.” (HR. Ahmad).
    yang merasa berat.. baca ulag Hadits di atas.

  10. nita

    mukjizat salat subuh terbukti semuax hany kita yang mau maju dan selalu meningat ALLAH SWT

  11. After sometime he becomes so involved in training and getting ready for the competition that his wife, whose covetousness has run out of control, wants him to stop teaching and become an accountant, for
    them to have more money nevertheless the teacher am committed
    to his work that they did his far better to develop his team.
    What you must remember with advertisements is keep these
    things short, attention-grabbing and earn them
    need to find out more. I try downloading’New Moon’ only to see if it is up – but who am I kidding.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s