Mari Rayakan Hidup

Buku-Fulfilling life

Judul        : Fulfilling Life ; Merayakan Hidup yang Bukan Main
Pengarang : Parlindungan Marpaung
Penerbit    : MQ Publisher
Cetakan    : I, Januari 2007
Tebal        : xx + 338 hlm

“Jangan mengukur dan mengeluhkan tingginya sebuah gunung sebelum anada mencoba mendakinya, karena begitu anda telah mencapai puncaknya, anda akan mengatakan betapa rendahnya gunung tersebut” (dikutip dari Prakata Parlindungan Marpaung)

Penulis buku ini adalah pria kelahiran Jambi dan merupakan Psikolog di bidang industri & organisasi. Parlindungan telah menyelesaikan Program Magisternya dalam bidang Teknik Manajemen Industri (MT) dan pelayanan perkotaan di Bandung. Beliau juga merupakan  inspiring trainer yang sukses dengan buku pertamanya yang berjudul “Setengah Isi Setengah Kosong”.

Buku ini lahir berkat diilhami pengalaman orang-orang sukses dan gagal, textbook, diskusi dari berbagai sumber lain yang pastinya membantu  membangkitkan semangat hidup. Hikmah yang dituliskan di dalam buku ini sangat sarat makna dan mengajak kita untuk bertindak. Tidak sedikit dari kita yang merasa kemalangan yang terjadi di diri kita adalah merupakan takdir, kemudian kita langsung menjatuhkan vonis bahwa kita adalah pribadi yang gagal. Minder berkepanjangan dan merasa tidak memiliki apapun yang dapat dijadikan pijakan. Padahal di setiap kita, ada potensi yang tentu harus kita gali dan gali. Nah dari buku ini kita akan mendapatkannya.

Ada lima BAB yang mengadirkan cerita sederhana, inspiratif dan membantu kita menemukan menemukan maknanya. BAB I dengan judul BERCERMIN PADA DIRI. Cerita dengan judul ” Harga Sebuah Pujian” terdengar sangar sederhana, namun kita sering tidak menyadari ada kekuatan pada sebuah pujian . Di sini dikisahkan siswa yang merayakan ulang tahun gurunya. Beberapa anak memberikan ucapan selamat, bahkan memberikan bingkisan. Namun seorang anak dari keluarga miskin kemudian memberikan bingkisan kecil sebagai ucapan selamat. Setelah dibuka, ternyata bingkisan tersebut berisi parfum yang tinggal separuh juga kalung yang sudah pudar warnanya. Sebagai rasa terima kasih, ibu guru menyemprotkan parfum tersebut di kerah bajunya dan langsung mengenakan  kalung di lehernya. Sebuah penghargaan yang tinggi untuk kado seorang anak miskin. Sampai akhirnya ibu guru menerima foto wisuda anak didiknya tersebut. Di sana ia menuliskan bahwa akan melanjutkan studi doktoral. Ternyata kata-kata yang membangun dan menghargai orang lain secara tulus, telah menjadi kekuatan yang luar biasa untuk mengubah hidup seseorang.

Pada BAB II kita diajak untuk lebih PANDAI BERSYUKUR, BAB III tentang HIDUP=PERJUANGAN, BAB IV mengajak kita BELAJAR DARI PENGALAMAN, dan BAB V mari kita MENABUNG KEBAIKAN.

Buku ini sungguh menarik, dengan gaya tutur pengarangnya yang sederhana, sangat inspiratif, dan memotivasi apalagi pada setiap bagian/sub bab disediakan kolom refleksi diri yang berupa pertanyaan maupun tes mini yang sangat membantu menterjemahkan pesan dari setiap BAB yang telah  kita baca. (Nai)

 

Iklan

8 Komentar

Filed under Self Help

8 responses to “Mari Rayakan Hidup

  1. eh..tapi aku lebih suka yang “Setengah Isi Setengah Kosong”. ceritanya lebih sederhana dan bener-bener cerita keseharian kita.

    sementara buku yang ini agak-agak terasa lebih berat. apalagi dengan ada isian2 di bagian akhirnya.

  2. max

    Hidup memang mesti dirayakan. Btw, Parfum bu guru itu masih tersisa gak ya? 😀

  3. trims buat resensi-nya, jadi terinspirasi utk segera beli edisi-nya saat cuti mudik nanti.

    seneng udh bisa mampir kesini, salam kenal dan salam hangat dari afrika barat…

  4. Im : Aku lebih suka ini, karena ada lebar evaluasinya 🙂

    Andika : keren banggets deh

    Damax : hahah parfumnya dah aku habisin da

    Kang Lui : Lho kita kan dah kenal…kaan pulang dari Afrika kang?

  5. dina

    ehmm.. life is beautiful… suka duka intinya menikmati hidup lebih baik dari pada meratapi..

  6. sudarmo

    terima kasih atas pemberian bukunya, mudah-mudahan dapat memberikan motivasi untuk bisa meningkatkan kinerja dan perjalanan hidup.

    sukses untuk Bpk. Parlindungan Marpaung

    Hotel Savoi Homan
    12-13 Februari 2009
    Sudarmo
    BRI Cab. Jatibarang, Kanwil Bandung

  7. zarrasofia

    simple as that….
    I fall in love with your books…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s