Sebuah Tragedi Berbalut Keindahan

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

Judul : Yang Liu
Penulis : Lan Fang
Penerbit : Bentang
Cetakan : I, Desember 2006
Tebal : viii + 182 hlm

Siapa yang tak kenal dengan Lan Fang? Penulis produktif yang dilahirkan di Banjarmasin, 37 tahun yang lalu ini.

Ketertarikan Lan Fang dalam menulis dan membaca sejak ia masih di sekolah dasar. Perempuan pemuja mandi ini telah menghasilkan banyak karya dalam waktu singkat, diantaranya : “Reinkarnasi” (2003), “Pai Yin” (2004), “Kembang Gunung Purei” (2005), “Laki-laki yang Salah” (2006), “Perempuan Kembang Jepun” (Gramedia,2006), “Yang Liu” (2006), serta “Kota Tanpa Kelamin” (2007).

Yang Liu adalah …

Obsesi!
Obsesi yang terwujud!

Yang Liu artinya bambu Cina, sebuah personifikasi atas perempuan Cina yang lentur dan kuat, sederhana namun unik. Yang Liu bisa tetap bertahan, ketika semua bunga indah di Keukenhoff dan seluruh tulip sepanjang rel kereta api dari Leiden ke Amsterdam layu dan beku karena musim salju.

Buku ini berisi kisa-kisah tentang perempuan beretnis Cina.
Ada 15 cerita dalam buku ini yang menceritakan keseharian perempuan Cina. Sebagaimana yang kita ketahui, Etnis Cina di Indonesia sama dengan perempuan dalam budaya patriarki ; kelompok yang tidak banyak didengar. Di dalam Yang Liu ini Lan Fang menyuarakan tubuhnya lewat tulisan. Ia menamai tokoh yang dikisahkan dalam buku ini dengan namanya sendiri dengan peran dan karakter yang tentu berbeda satu dengan yang lainnya.

Buku ini menghadirkan tragedi berbungkus keindahan…Adalah tragedi ketika di dalam buku ini menceritakan perempuan yang didera kangker payudara , laki laki menyakiti, cinta segitiga, dan yang lainnya. Tragis namun indah, indah namun mengerikan. Diceritakan perempuan membunuh suaminya, dan tidak perduli akan hukuman mati yang akan dijatuhkan kepadanya, karena ia sendiri nyaris mati, tak punya harapan karena kangker payudara. Sang pengacara berusaha ingin membela, dan lebih tragis lagi, sebelum diadili perempuan itu telah meninggal dunia. Kisah ” Gong Xi Fa Chai ” disajikan dengan sangat luwes mengajak pembaca melihat nilai luhur dalam masyarakat modern yang kian pudar. Kisah lain seperti Calon Menantu serta Selamat Ulang Tahun Koko tak kalah menarik. Kisah perempuan dalam buku Yang Liu ini bisa terjadi terhadap perempuan mana pun siapa pun, di mana pun.

Yang Liu, layak melengkapi koleksi buku anda. (Nai)

Iklan

4 Komentar

Filed under Short Stories

4 responses to “Sebuah Tragedi Berbalut Keindahan

  1. max

    wah bagus yak…. Ntar dikoleksi deh. Style Lan Fang emang bagus. gaya berceritanya cukup mudah dimengerti

  2. Kembang Gunung Purei susah nyarinya …:(

  3. kok “resensinya” makin pendek? Detilnya juga berkurang…

  4. iya ya…lagian elang gak baca sih 😉

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s