Never Ending Fun Story

 

 

Judul : 5 cm
Penulis : Donny Dhirgantoro
Penerbit : Grasindo
Cetakan : 2005
Tebal : x + 381 hlm

Buku ini sebetunya sudah setahun lalu saya baca, tapi atas permintaan seorang sahabat, jadilah saya sedikit menceritakan betapa menariknya buku yang ber-cover hitam pekat dan dijuduli “5 Cm” oleh si sulung dari empat bersaudara ini.

Buku dengan cover minimalis ini pasti akan sangat mencuri perhatian siapapun yang melintas di rak toko dimana buku ini dipajang. Karena apa? Silahkan baca saja segera. Penulis kelahiran tahun 1978 ini seolah menyihir kita untuk segera menuntaskannya tanpa gangguan. Setiap halaman yang kita baca akan membuat kita enggan meninggalkan buku ini meski dalam hitungan detik, percayalah !!!

Buku ini bercerita tentang lima orang yang bersahabat (Arial, Genta, Riana, Zafran dan Ian). Mereka berteman sejak masih di bangku SMA. Mereka berbeda satu dengan yang lain.

Arial : Tokoh arial diceritakan sebagai sosok yang paling ganteng diantara keempat sahabatnya, selalu rapi. Ham adalah baju kebangsaannya yang dipadukan dengan permanent press pants. Hmmm.. saya jadi kebayang bagaimana penampilan keseharian seorang Arial.

Riani : Seorang yang cerdas, dengan kacamata bertengger di puncak hidungnya. Dia memiiki inner beauty yang kuat, siapapun lawan bicaranya akan tersedot perhatiannya. Riani seorang aktivis kampus yang paling senang memakai jins, ham, dan sepatu kets.

Zafran : adalah penyair yang selalu bimbang. Berbodi kurus, sekurus kapur tulis dengan potongan rambut yang gondrong bagisn samping dan depan saja. Baju kesukaannya adalah baju-baju modis ala distro.

>Ian : Berperawakan tambun, penyuka Indomi, dan kolektor film bokep. Ian juga penggila bola dan suka tantangan. Teman adu mulutnya adalah Zafran yang sama sekali tidak mengerti bola.

Genta : Dianggap paling bijak diantara sahabat-sahabatnya karena Genta lebih mementingkan orang lain daripada dirinya sendiri. Tabiatnya hampir sama dengan Riani. Ia paling suka menemani Riani nonton, menemani Zafran membuat lagu, Menemani Ian ke Glodok untuk cari film bokep, dan keempat temannya membutuhkan Genta. Genta adalah segalanya yang dibutuhkan sebagai seorang teman.

Buku ini sangat menarik, karena mengisahkan masa-masa muda yang penuh cerita lucu, koyol juga diselipi cerita sedih yang akan selalu dikenang sebagai hal paling manis dalam hidup. Persahabatan mereka sedemikian eratnya sehingga tak terasa mereka selalu bertemu dan bercengkerama hampir setiap hari, meskipun sebagian dari mereka sudah mulai bekerja. Untuk menghindari kejenuhan yang kronis, mereka sepakat untuk tidak berkomunikasi selama 3 bulan, waktu yang akan mereka pakai untuk melanjutkan hidup dan memungut apa yang sempat terbengkalai karena kegiatan dengan para sahabat. Arial mencari cintanya, Genta, Zafran dan Riani berusaha fokus pada pekerjaan mereka, sedangkan Ian melanjutkan kembali skripsinya yang sudah lama tertunda. Pertemuan setelah 3 bulan nanti akan mereka rayakan secara besar-besaran.

Melalui sms Genta mengingatkan sahabat-sahabatnya tentang 3 bulan yang hampir habis dalam waktu seminggu diikuti sederetan permintaan bahwa pada hari H mereka harus bertemu di Stasiun Senen. Teman-temannya diminta pula membawa segudang peralatan. Genta mengajak sahabat-sahabatnya mendaki gunung Semeru untuk mencapai puncak Mahameru tepat pada tanggal 17 Agustus. Mereka ingin merayakan hari kemerdekaan di sana. Mahameru adalah gunung tertinggi di pulau Jawa. Sungguh, penulis buku ini sangat detail menggambarkan perjalanan mereka yang dimulai dari stasiun senen hingga ke puncak gunung. Setiap kota, yang dilalui dideskripsikan dengan sangat tepat seolah mengajak pembaca benar-benar merasakan hawa pegunungan yang dingin. Donny sangat sempurna menggambarkan rute naik ke Mahameru, saya merasa ada di sana, menjadi bagian dari mereka dan ikut menggigil kedinginan di Ranu Kumbolo.

Salut saya tak habis habis untuk penulis buku ini, bagaimana tidak ? dia bahkan sampai hafal dialog-dialog film dan pasti dia juga rajin mendengar berbagai macam musik sampai hafal lirik-liriknya. Soalnya, di novel ini bertebaran lirik-lirik lagu, mulai dari Ermy Kullit sampai Frank Sinatra, mulai dari The Beatles sampai The Corrs.

Ini buku bagus, berkali kali saya bilang begitu, meski endingnya tidak menggigit. Tapi dengan membacanya memori kita akan hanyut kembali ke masa muda kita…(ciyehhh). Donny berhasil mengajak kita kembali ke jaman choki-choki masih ngetop. Salut deh. (Nai)

Iklan

6 Komentar

Filed under Novel

6 responses to “Never Ending Fun Story

  1. max

    Hm.., benar2 inget masa muda deh kalo membaca deskripsi ceritanya. Sama persis dengan masa2 SMA dulu, dengan 4 teman se-Sispala yg hobi manjetin gunung dan gangguin cewek2, dg gaya khas anak SMA jadul.
    Emang harus dibaca nih buku…:)

  2. buku bagus. buku keren. “isi” nya pun dalem.

    juga mengingatkanku pada sahabat-sahabatku yang sekarang sedang berpencar di berbagai penjuru dunia.

    oya, ada sodaraku yang setelah baca buku ini jadi bersemangat untuk selesaikan skripsinya. wah..buku ini emang membawa pengaruh positip..

  3. wku

    buku yang keren, tapi baca review anda kok malah jadi inget choki-choki-nya ya?? hehe…

  4. Buku paling bagus dan menyentuh yg pernah aku baca…
    Nggak rugi deh beli buku ini..

    *eh udah review Area X?*

  5. lia

    aku justru kasih buku ini 3 bintang (sebenarnya malah pingin kasih 2).
    terusterang isinya ga dalem, cm review music mulu, dan hal2 biasa lainnya. i didnt find any strenghtness.
    jadi sempat kecewa beli bukunya, dg ekspektasi yg tinggi setelah baca review temen2 yg bilang bagus.
    tapi mmg untuk pengeksploran semua hal2 detil yg terjadi di kehidupan kita, boleh dihargailah. cukup kreatif.

  6. nie buku baguz bgtz..
    love in it..
    pa lagi si ariel n genta..
    keren abiz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s