Harapan Yang Mengabadi

 

Judul : Chrisye (Sebuah Memoar Musikal)

Penulis : Alberthiene Endah
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama
Cetakan I : 2007
Tebal : 373 hlm
Siapapun pembaca buku ini, satu harapan saya, jadikan rasa di dalam diri anda menjadi nyawa yang sangat berharga bagi jalan anda ke depan. Anda boleh tidak memiliki apapun, tapi apabila anda setia pada nurani dan mau memperjuangkan itu, Anda telah memulai sebuah perjalanan.

Membaca prolog di atas, membuat saya bersemangat. Betapa Chrisye telah melecutkan harapan, menginspirasikan da memberikan dorongan yang sangat menyenangkan. Ia juga mengatakan bahwa:

“Menjadi besar bukanlah sebuah kebetulan. Segala pencapaian sebetulnya memiliki proses yang kerap tidak disadari. Waktulah yang akan membuktikan bahwa setiap detik yang kita lewati, setiap tindakan yang kita lakukan, dan setiap keputusan yang kita ambil memiliki kontribusi dalam apa yang akan kita raih kelak”

Sungguh kata-kata yang begitu menyejukkan mengalir diri bibir seorang tokoh legendaris, pemusik sekaligus penyanyi yang tak pernah lekang dimakan zaman ini membuat saya terhenyak. Di sini.., di buku ini Chrisye mengajak kita bemimpi, berjalan…memulai hidup.

 

Buku yang ditulis oleh Alberthiene ini berisi kisah-kisah inspiratif sejak Chrisye memulai karier menyanyinya sampai Ia sukses menjadi penyanyi legendaris yang digemari semua generasi. Banyak pengalaman dan tips yang menguar dari kisah-kisah ini, seolah ingin membagi pengalaman dan menjadi inspirasi bagi siapapun yang melihat hidup sebagai sesuatu yang harus disikapi dengan kesungguhan.

Chrisye adalah satu dari sangat sedikit penyanyi yang menguasai berbagai zaman. Kebertahanannya di kancah musik negeri ini karena ia memiliki kelebihan yang sulit ditandingi.

“Dia adalah figur yang dahsyat, Ia sangat pandai mengelola dua dunia yang berbedatanpa harus lari dari karakter pribadinya” (Alex Kumara CEO ANTV)

Tak dapat kita pungkiri bahwa Chrisye adalah penyanyi dengan daya tarik suara yang luar biasa. Alunan suaranya yang begitu lembut, berkarakter mampu menjadi ciri khasnya.

Di dalam buku ini Alberthiene sukses mengusung Kisah perjalanan hidup Chrisye yang diawali pada masa kanak-kanaknya yang berlatar belakang seorang etnis Cina, sering dia dihina dengan adanya perbedaan itu, tapi dia tetap selalu merasa dia adalah orang Indonesia. Saat dia merasa hidupnya adalah di bidang seni, menjadi penyanyi adalah cita-citanya yang tak terbendung. Ketika dia bersama Keenan bersaudara membuat kelompok band kecil yang akhirnya berjaya di tengah ketatnya persaingan.

Foto-foto yang terpampang di setiap lembar buku ini sangat mendukung cerita perjalanan seorang Chrisye. Sempurna sekali Dio Hilaul meng-capture ekspresi sang legendaris, sesempurna tata letak buku ini. Meski kesan ceritanya jadi kurang penuh dan otobiografi yang disajikan kurang begitu menggigit, namun saya ingin menggaris bawahi bahwa ini buku bagus. Sangat bagus…

Chrisye telah mengharumkan nama bangsa dan membuat industri musik menjadi lebih berwarna. Meski telah tiada, tak akan pernah pudar pesonanya.

Buku setebal 373 halaman itu tidak hanya berisikan biografi biasa, akan tetapi mengisahkan musikalitas yang dilakoni Chrisye yang di dalamnya diwarnai kisah persahabatan, perkawinan, dan dinamika industri musik di tanah air. (Nai)

Iklan

4 Komentar

Filed under Biografi

4 responses to “Harapan Yang Mengabadi

  1. max

    Chrisye memang mengabadi, dan menjadi legenda musik yang tak pernah mati. Buku ini sepertinya memang dipersiapkan sebagai jejak terakhirnya di dunia fana. Indonesia patut berbangga punya seorang Chrisye, ya Nai.

  2. btw,
    buku ini mahal kan..?
    kenapa buku biografi mesti mahal ya..?

  3. Damax : Yup da…bangga sekali

    Baim : Tanya Ken-Napa?? besok giliran Biografimu yang mahal 😉

  4. Ping-balik: Blog ParcelBuku.Com » Blog Archive » Harapan Yang Mengabadi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s