Travelers’ Tale : Sebuah Karya Keroyokan

travelers

Judul : Travelers’ Tale Belok Kanan : Barcelona

Penulis : Adhitya Mulya, Alaya Setya, Iman Hidajat, Ninit Yunita

Penertbit : Gagas Media

Cetakan : I, 2007

Tebal : x +230 hlm ; 13 x 19 cm

Novel ini adalah novel keroyokan, begitulah kira-kira. Ada empat penulis yang sambung menyambung bercerita tentang empat orang yang bersahabat sejak kecil. Persahabatan yang indah antara Francis, Yusuf, Farah, dan Retno. Ada cinta complicated di dalamnya. Yusuf mencintai Farah, namun Farah mencintai Francis, Francis mencintai Retno meski telah dua kali cinta ditolak dengan alasan perbedaan keyakinan antara keduanya. Hingga akhirnya Barcelona menjawab semuanya.

Novel memukau karangan empat Blogger ini (Adhitya Mulya, Alaya Setya, Iman Hidayat, dan Ninit Yunita) ini mengajak pembaca ikut menikmati petualangan-petualangan mereka di negeri orang. Mereka juga memberikan tips tanpa menggurui atau merasa ‘segala tau’ seluk beluk travelling. Karena pengalaman masing masing orang adalah sangat pribadi. Buku ini mengajarkan kita bagaimana ‘membeli pengalaman’ dalam suatu tempat yang kita kunjungi.

Buku ini bukanlah travel guide, tapi sarat ilmu karena info dan penggambaran yang mereka tulis saya yakini adalah merupakan pengalaman pribadi mereka Bagaimana tidak…di sini pembaca diajak untuk berkeliling dunia, ke tempat-tempat nan eksotis seperti Vietnam, Capetown, , Abidjan, Dakkar, Marrakech, Seville, Madrid, Milan, Amsterdam, Budapest, Miami, Georgia, Vienna, dan Barcelona. Banyak sekali nama tempat yang tumpah dalam satu buku ini.

Inti ceritanya adalah tentang empat sahabat yang dengan niat berbeda menuju Barcelona untuk menghadiri undangan pernikahan salah satu dari mereka : Francis. Keempat sahabat baik ini tinggal di negara yang berbeda, Francis menetap di Amerika (barat), Farah di Asia (selatan), Jusuf di Afrika (timur), dan Retno di Eropa (utara). Mereka kemudian melakukan perjalanan ke Barcelona, karena pernikahan Francis dan Inez Alegria de la Pena, gadis cantik dari Barcelona ini dikenal Francis di music conservatory. Pernikahan mereka akan dilangsungkan di sana. Di Barcelona.

Namun ternyata Francis membatalkan pernikahannya dengan Inez. Sesaat setelah pertemuannya kembali dengan Retno. Francis tidak bisa membohongi diri sendiri bahwa ia masih sangat mencintai Retno, merasa nyaman berada di dekatnya, dan see bahwa Francis tidak benar-benar move on dari masa lalunya. Ia merasa bahwa ia tidak benar-benar mencintai Inez.

Yusuf yang sejak lama memendam perasaan pada Farah akhirnya menyatakan cintanya. Mereka menikah…

Buku bisa dilihat sebagai karya fiksi yang mengambil setting berbagai tempat di dunia, juga dapat dijadikan referensi wisata yang dikemas didalam fiksi itu sendiri. Yang pasti, perpindahan sudut pandang 4 tokoh yang bergantian muncul dari bab ke bab membuat buku ini enak dibaca. Rasanya ingin buru-buru pindah bab karena ingin segera tau apa yang terjadi dengan tokoh lainnya.

Ah saya mau kasih keempat jempol saya untuk penulis buku ini. Satu kata saja, “hebat”. Empat orang menulis cerita yang berbeda yang kemudian dirangkum dalam bab-bab yang terpisah, menjadi satu kesatuan cerita yang seru dan layak dibaca. Nggak nyesel deh bacanya…Kunjungi juga blog mereka untuk mengenal mereka lebih jauh. (Nai)

 

Iklan

18 Komentar

Filed under Novel

18 responses to “Travelers’ Tale : Sebuah Karya Keroyokan

  1. makasih untuk reviewnya ya 🙂

  2. @Alaya : Wah kebanggaan buat saya, sudah disinggahi penulis hebat :), makasih yaaa

  3. wadoooh… aku ga suka baca bu’ 😀
    sayang yaaaa… aku udah coba utk baca… tetep aja ga suka!

  4. max

    wahhhh bagus ya Nai. Insya Allah dibeli deh 🙂

  5. ne buku kayak nya bagus. but rada’ mbulet. yah mngkin yang buat aq pengen tau tuh setting nya yg di berbagai negara. tapi keyen. empat orang buat satu novel. dari pengalaman pribadi lagi.

  6. waaa makasih banget udah direview di sini 🙂

  7. @Thuns : sukanya dibacain yaaa?

    @Uda : Harus da..bagus banget deh

    @Andita_nury : ini keren banget, ggak mbulet kok..asli mengasyikkan

    @Ninit : Waaaa saya juga makasih sudah diampiri

  8. etnahannie

    halo nai… wah jadi inget baca Traveler’s Tale ini emang berkesan banget!

  9. seru..seru..
    membuat jadi pengen berpetualang. kemana pun lah. mo ke eropa, mo ke jogja juga gpp.. 😀

  10. loh bun aku jd pengen bagpacker-an juga ksana gr2 baca buku ini…ke roma ah 😀

  11. lah, enak ya byk duit…
    bisa jalan2 trus bikin buku

  12. aku sudah baca. menurutku bagus. cuimaaa.. endingnya kok pendek sekali?? tahu2 si yusuf udah married ama si.. sapa tuh? farah ya? mestinya lebih panjang nih novel, hehehe…

  13. @ Hannie : iya nih jadi gak bosen bacanya.

    @Imgar: seru banget, heba yah mereka para backpacker itu

    @aprikot : yiuk ke Roma KElapa hehe

    @Manda : enak banget yah…kapan kita bisa

    @Tyka : iya setuju..harusnya lebih panjang yah, trus cerita jg habis nikah mereka ke mana,punya nak berapa..halah gak rampung rampung

  14. blm baca… soalnya kalo mo baca takut jd mupeeng..
    pengen ke sana-sana tp gak punya duit haha…

  15. hafiz.zzzz

    wahh..kyaknya saya yang paling telat bacanya yah..
    but two thumbs up buat traveler’s tale…
    gw ampe g bisa tidur buat ngabisin nih novel….

    trus ampe mimpi traveling keliling dunia naek onta….huehehehehe…..

    gw paling suka ama tips n trick yang terselip ama cerita ucup di spayol, ama imajinasi tentang farah, ama gadis catalunya nya francis….( kasian tuh gadis…mending nikah ama gw aja lah…hahahahha)……ama semuanya nya i love it…

    mampir yo di blog saya..tapi masih sepi bgt yang ada cuma sarang laba2…hehehehe…
    gundukankata.blogspot.com

  16. Wah..kayaknya bukunya seru tuh!

    Makasih resensi singkatnya..dan salam kenal!

  17. Ciao Italia: Catatan Petualangan Empat Musim
    Penulis: Gama Harjono
    Penerbit: Gagasmedia, 2008

    Sinopsis
    Apakah berkeliling Eropa salah satu impianmu? Atau bersekolah di luar negeri dan bergaul dengan teman-teman baru yang selalu haus petualangan? Buku ini mengajakmu untuk melewati ruang-ruang kelas universitas di Italia, galeri seni ternama, sampai pesta-pesta mahasiswa Eropa yang seru.

    “Ciao Italia” akan membawamu menikmati tempat-tempat di pelosok Mediterania, mulai dari kota metropolis berusia lebih dari dua milenium hingga desa terpencil yang menyimpan banyak harta karun seni dan kejutan tak terduga (buktikan dengan foto-fotonya yang fantastis). Plus tip backpacking ekonomis: mendapat akomodasi gratis di Eropa, mencari tiket, hostel dan makanan murah selama perjalanan.

    Setiap kisah dan suka-duka saat berusaha mengenal Italia, ditoreh dengan sebuah kejujuran dari seseorang yang akhirnya terlalu mencintai negeri Pasta ini.

  18. Ping-balik: Blog ParcelBuku.Com » Blog Archive » Travelers’ Tale : Sebuah Karya Keroyokan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s