Lebur dalam Cinta Terlarang

EFRP4536big

  

Judul : Lelaki Terindah (The Most Beautiful Man)
Penulis : Andrei Aksana
Penerbit : PT. Gramedia Pustaka Utama
Cetakan : III, Mei 2006
Tebal : 219 hlm
Ket    : Dibeli di Gramedia Ambarukmo Plaza, 03 Februari 2008

 

 

Sudah kualami perih karena kehilangan
Sudah kureguk kecewa karena ditinggalkan
Sudah kudidera luka karena dihianati
Semua belum seberapa
Hanya satu derita yang paling menyiksa
Jatuh Cinta
Tapi tak bisa memiliki

 

Manis namun getir, demikian nukilan puisi yang ditulis oleh Andrei dan ditampilkan sebagai puisi pembuka di dalam bukuya yang ke-4 ini. Andrei Aksana, penulis yang dikenal dengan The Singing Author ini menyajikan cerita dalam kemasan yang unik, bertajuk Lelaki Terindah.

 

Bukan tema percintaan senenis yang membuat keseluruhan novel ini unik dan menarik, namun gaya tutur sang penulis dan tampilan tokoh bernama AKU, membuat novel ini demikian hidup. Andrei sangat piawai memilih kata. Ia tak malas mencari padanan kata, sehingga kalimat yang mengalir bak irama air, meliuk, kadang berderai, puitis dan romantis menerbangkan imajinasi pembacanya. Pembaca seolah membaca untaian puisi yang panjang. Sebuah karya yang lahir lewat kontemplasi.

 

 

Cucu pujangga ternama Sanoesi Pane dan Armijn Pane ini selain menulis, ia berkecimpung  di  dalam perusahaan retail internasional sebagai Marketing Director. Tak heran bila banyak tempat telah ia kunjungi dan menginspirasinya, menelorkan karya yang tak bisa diabaikan. Andrei Aksana adalah satu-satunya novelis di Indonesia yang  menghasilkan novel beserta CD Sountrack yang ia cipta dan nyanyikan sendiri.

 
Mengukir Mimpi adalah debutnya  yang muncul pada 1992, yang cetak ulang hanya dalam lima hari setelah rilis. Disusul novelnya yang lain ; Sebagai Pengganti Dirimu, Cinta Penuh Air Mata, Lelaki Terindah, dan yang paling baru adalah Cinta 24 Jam.

 

Lelaki Terindah yang diceritakan dalam novel ini adalah Rafky, seseorang yang tampan dan nyaris tanpa cacat. Ia lahir dan dibesarkan di dalam lingkungan keluarga yang menuntutnya menjadi manusia serba sempurna. Kecerdasan dan ketampanannya mampu membius semua orang. Membuat mata tak ingin berpaling. Sosok tubuh yang menjulang, membuat ia menjadi sosok yang sempurna memikat.

 

Suatu hari dalam perjalanan menuju Thailand, Rafky bertemu dengan Valent, lelaki mapan yang sedang menghitung hari pernikahannya. Rafky yang tampan mencuri perhatiannya. Pun sebaliknya, mata teduh Valent memesona Rafky.

 

Valent yang kehilangan sosok ayah, membuat ia rindu kasih sayang ayahnya. Valent ingin menyandarkan segala inginnya kepada Rafky.  Untuk itulah Valent mengundang Rafky untuk tinggal bersamanya selama liburan di Thailan. Rafky yang anti kemapanan semula menolak, namun akhirnya menerima. Kebersamaan mereka menimbulkan benih-benih cinta. Cinta terlarang tentu saja.

 

Ketika mereka kembali ke Indonesia,  merekapu harus kembali menjadi diri masing-masing. Namun mereka tak mampu menyingkirkan kenyataan bahwa hati mereka terikat satu sama lain.

 

Rafky yang memiliki Rhea, dan Valent yang dicintai Kinan membuat keduanya (Rafky dan Valent tersiksa). Polemik inilah yang diangkat menjadi cerita yang tak biasa. Tokoh aku, yang diminta Rafky menjadi penulis kisah cinta mereka berdua membuat novel ini menjadi semakin unik.

 

Andrei juga dengan seksama menceritakan perasaan orang-orang yang dikecewakan ; Ayah dan Ibu Rafky, Juga Rhea..dan Ibunda Valent serta kekasihnya.

 

Membaca novel ini membuka gerbang kesadaran pembaca, bahwa di luar sana…banyak fenomena serupa, sesuatu yang terjadi dengan sendirinya..atau atas pengaruh lingkungan? Entahlah… (Nai)

Iklan

13 Komentar

Filed under Novel

13 responses to “Lebur dalam Cinta Terlarang

  1. mbak, akhirnya aku memulai untuk meulis review

    buka deh: http://overmyeyes.wordpress.com

  2. alamsyah v prawira

    keren juga,tapi gw blm punya…….
    mw beli tp maluuuuuuuuu

  3. Yumemizue

    Wow… The first word came from my mouth when I read this novel…. It’s only.. “What a GREAT LOVE STORY!”

  4. Ping-balik: Blog ParcelBuku.Com » Blog Archive » Lebur dalam Cinta Terlarang

  5. Gayo Aristoteles

    Fantastic!!!
    Ada Group di FB yg menamakan “LINGKARAN SETAN” tentu saja anggotanya spt Rafky dan Valent..
    Kita sering bahas novel ini, mula-mula yg tahu 1 org, akhirnya semua anggota punya buku ini!!! Smg masyarakat juga tahu, ada fenomena seperti ini yang biasanya termarginalkan…!!!
    Selamat tuk Bang Andrey Aksana..
    Salam Damai Tuk..Daeng Umay, Andika Antara, Arhyz Dynata, Dimas Ryo Dewanto, Bima Saxti dan Kevin Junio… Kemesraan ini janganlah cepat berlalu!!!….

  6. dana

    pngen bnget memilikiny..

    pengakuan memang susah, setiap pilihan pasti ad resikony..
    tpi bagiku pilihlah sesuai kata hati, meskpun akn bnyak yg t’sakiti..

    ga ad seorang pun mau dilahrkan dmikian, tpi jadikan perbdaan sbgai nilai plus dari diri qt 😛

  7. alponco

    bang ANDREI,,,, bukunya Amazing,,,,,,,,,,,,,,
    kl da ksmpatan,,,,,,, bleh dong sjenak untk mengangkat buku LELEKI TERINDAH KE FILM,,,,, Keren bnget

  8. agyasa mahendra fz

    prtamakali ku baca novel ini
    ada ksah tersendiri
    aku ingin mmiliki buku ini
    tpi team gramedia tiada mnerbitkn lgi
    kpaksa ku memoto kopi ya
    biar aku puas mbaca ya
    krna buku yg ku bc adalah punya boss besarku slgi ku di jkt… entahlah brsama buku itu aku trasa damai n ada yg mnemni di saat ku sendiri

  9. aku bca novel ini tahun 07…wktu metting di bandung…karena hobiku membaca…jadi disela2 waktu…aku baca buku2 yang ada di kantorku dulu…aku tidak tau novel itu…dan terus kubaca…bahkan sampai berulang…novel ini bagaikan kisah aku dalam dunia impian yang aku ciptakan sendiri…bhkan hingga sekrang aku masih memimpikan isi cerita itu…ketulusan cinta…dn perjuangannya….

  10. Lonely Island

    Gw beli buku ini waktu msh kuliah. Buku ini punya benang merah yg sama dg kehidupan gw. Yg gw rasain seperti orang sakit, apa Lo pernah minta untuk menjadi sakit? Ngga ada satu orang pun yg pengen sperti ini. Gw sadar, orang sakit butuh obat, makanya meski kadang trasa pahit tapi gw memaksa hati gw untuk bisa mencintai wanita. Walaupun belum bisa seratus persen lepas, tapi gw yakin gw pasti bisa. Ngga munak, gw jg pernah punya pacar cow, tapi akhirnya gw akhiri. Sakit memang membunuh perasaan cinta tanpa alasan, tapi sesakit apa pun prasaan gw, gw berusaha yakin this is not my destiny. Gw sadar, jika ngga bisa mngontrol, gw pasti smakin larut dalam sakit ini dan akan semakin sulit untuk sembuh. Untuk memotivasi diri sndiri, gw yakin, Tuhan menciptakan setiap makhluknya brpasang2an dan biarlah hanya Tuhan dan gw yg tau ttg smua ini.

  11. viana_esterre

    pengakuan memang sulit dilakukan untuk orang2 ini. terlebih di Indonesia yang budaya ketimurannya dan keagamisannya dipegang teguh. padahal menjadi salah satu dari LGBTQ bukan satu yang salah. mereka manusia dan sama seperti manusia yang lainnya. perbedaan itu terlihat karena mereka berada dalam arus yang masih kecil.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s