Perempuan Iran dalam Gosip…

Scan_10009

 

Judul : Embroideries (Bordir)
Penulis : Marjane Satrapi
Penerjemah : Tanti Lesmana
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Cetakan : I, Maret 2006
Tebal : 136 hlm
Keterangan : Dibeli melalui www.bukukita.com

 

Apalagi yang menarik bagi wanita saat berkumpul dengan teman-teman komunitasnya selain bergosip. Berbicara ngalor-ngidul, dari urusan orang lain sampai dengan urusan rumah tangga, dari harga sembako yang melonjak tinggi sampai dengan janda depan rumah yang menggandeng pria tajir. Semua tak luput dari pembicaraan. Obrolan akan semakin seru dan tak bisa diputus bila topik pembicaraan semakin luas, tak terbatas. Seakan tak ada hari lain lagi…habiskan cerita saat ini juga . Ah ibu-ibu…meski tak semuanya begitu.

 

 

Marjane Satrapi, seorang penulis asal Iran mencoba menghadirkan gosip-gosi panas, para wanita dalam novel grafis yang bertajuk EMBOIDIRES. Ini adalah novel grafisnya yang kedua, setelah sebelumnya Ia dikenal dengan novel yang juga bergenre novel grafis dengan judul Persepolis (2003) dan Persepolis 2 (2004).

 

Ini novel grafis pertama yang saya baca. Agak aneh memang rasanya, karena membaca novel grafis ini membuat saya seolah membaca komik dengan karakter yang unik. Buku ini penuh kejutan, dan menyibak kehidupan pribadi sejumlah wanita Iran. Di dalam acara minum teh bersama mereka membincangkan cinta, seks dan segala tingkah polah pria.

 

Bordir adalah sebuah istilah yang mereka yakini untuk menyebut oprasi plastik demi mengencangkan vagina yang sudah tidak elastis atas tuntutan lelaki pasangannya, dan lelaki ini yang berkewajiban membayarnya.

 

”Haha rasain Lu, makanya mau enaknya aja”

 

Cerita demi cerita terus mengalir, sambung menyambung dari satu topik ke topik lain, mulai dari kisah menyiasati malam pertama, kawin paksa, keperawanan, operasi plastik hingga pengalaman tertipu oleh pria jahat yang dinikahinya. Karena dirasa kata-kata dan cerita yang vulgar itulah, maka novel ini hanya diperuntukkan untuk pembaca dewasa.

 

Bordir mengetengahkan cerita dalam balutan gambar dan percakapan yang sederhana. Tak ada warna lain selain hitam dan putih, membuat pembaca fokus dan menikmati fisual yang lucu dan percakapan yang greget sekaligus profokatif. (Nai)

Iklan

5 Komentar

Filed under Novel

5 responses to “Perempuan Iran dalam Gosip…

  1. max

    bacaan untuk dewasa? Hm… layak dikoleksi nih :))

  2. kw

    bagus ya ? thx infonya…

  3. yar

    menarik untuk dibaca
    entar beli dulu
    kalau ditangani Tanti Lesmana pasti Siiiip

  4. CY

    Greetings from Taiwan.

    It’s nice to know your blog, although I cannot read your language. The picture in this blog seems from a Iran female caricaturist. I am so curious about your comment on her point of view and her work. I read her books in Chinese version and watch the related movie years ago. I felt so impressive to know the life in Mid-East then. So it will be interesting to know comment from you.

  5. Ping-balik: Blog ParcelBuku.Com » Blog Archive » Perempuan Iran dalam Gosip…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s