Teka Teki Pengagum Rahasia

5443

Judul Buku    : XX
Penulis         : AR Arisandi
Penerbit        : PT Gramedia Pustaka Utama
Cetakan        : I, September 2007
Tebal            : 216 hlm, 20 cm
Keterangan    : Dibeli melalui http://www.bukukita.com, 31 Desember 2007

Sinopsis

Dago 7, tempat kos yang tidak berada di jalan utama Dago, merupakan rumah kos mungil bergaya minimalis yang terdiri dari empat kamar. Empat kamar tersebut dihuni oleh Donna dan Mella, menyusul kemudian Putri dan Liana. Empat tahun keempat sahabat ini tinggal seatap, bersama-sama. Namun sebelum genap empat tahun itu, Putri berpacaran dengan Doddy, setelah sebelumnya gagal mendekati Liana ; penghuni kos paling jelita.

Hubungan asmara Doddy dan Putri membuka jalan bagi Mela. Doddy mengenalkan Akmal kepada Mela. Kehadiran Doddy dan Akmal membuat mereka kemudian membentuk Club D7++. Namun Club D7++  akhirnya bubar setelah ssemua anggotanya menyelesaikan kuliah dan sibuk dengan urusan masing-masing.
Kesepakatan membuat mereka berkumpul dalam sebuah reuni. Mereka berjanji akan membawa pasangan maing masing, kecuali Liana yang dalam proses perceraian dengan Yaris, dan Donna yang tidak dapat mengajak serta Archi.
Liana, anggota Club D7++  paling jeita ini tentu saja menarik perhatian Doddy dan Akmal. Apalagi dulu…Doddy pernah berkali kali menyatakan cintanya pada Liana, dan ditolak. Kecantikan Liana begitu sempurna,. Tak ada seorangpun dari anggota Club ini yang mampu menandinginya. Dan..kecantikan Liana inilah yang menjadi duri dalam persahabatan mereka.

Bila dulu Putri masih mentoleris Doddy yang ketahuan mencuri pandang ke arah Liana, namun situasi berubah saat keduanya telah menikah. Jangan Putri, siapapun pasti tak rela bila pasangannya melirik sahabatnya yang jelas jelas lebih memesona.
Dalam reuni di rumah Putri, Liana menceritakan sms misterius dari pengagum rahasia yang berinisial XX. Sms yang jumlahnya ratusan itu selalu menerakan inisial XX di setiap akhir pesannya. Tidak hanya sms, XX juga mengirimkan bunga pada tiap hari ulang tahun Liana, dan ini sudah berlangsung selama tiga tahun terakhir.

Pertemuan berikutnya semakin sering digelar, diantaranya di Tea Addict. Sebelumnya Liana mengirim pesan kepada ketiga sahabatnya untuk datang minus pasangan. Ada hal penting yang ingin dibicarakan, dan pasti tentang XX. Liana menunjukkan sms XX yang berbunyi :
”Kalau reuni harus diadakan di tempat anggota Club  D7++ yang melahirkan, lalu kapan reuni akan diadakan di tempatmu, Liana? Kuharap takkan pernah” (hlm 35).

Dari sms ini Liana lantas berasumsi dan menjadikannya penunjuk arah, bahwa pengagum rahasia Liana adalah salah satu dari suami sahabat-sahabatnya ; salah satu dari personil Club D7++ yang hadir dalam reuni di rumah Putri. Ini berarti XX tahu apa yang dibicarakan saat reuni tersebut.

Doddy dan Akmal menjadi tersangka. Putri dan Mela uring-uringan dan cemas memikirkan kebenarannya.

Meskipun Liana mencatat hampir setiap sms yang dikirim oleh XX, namun ia tidak memiliki bayangan sedikitpun siapa orang yang sekian lama memujanya ini.  Satu hal yang diingat Liana adalah XX muncul sesaat setelah pertunjukan streapteasenya di depan ketiga sahabatnya dengan hanya berbalut lingirie yang baru dibelinya. Saat itu, Akmal muncul tiba-tiba. Ini yang menguatkan ketersangkaan Akmal.

Tersangka berikutnya adalah Archi, suami Donna. Banyak yang memanggil Liana dengan Lia saja, hanya Archi dan XX yang lengkap memanggilnya Liana.

Pesan-pesan yang dikirim XX kepada Liana membuat mereka sering berkumpul, untuk memecahkan teka-teki.

Larut dalam misteri dan pengulangan-pengulangan

Sepertinya tak ada hal penting lain yang mereka bicaraka selain XX. Bahkan keempat bersahabat ini rela meluangkan waktunya untuk mencari siapa XX sebenarnya. Tersangka demi tersangka sangat kuat menjadi pelaku utama. Namun penulis buku ini abai akan satu hal. Karena asik dalam pengembaraan pencarian XX, penulis banyak melakukan pengulangan cerita. Pembaca dibuat penasaran namun diajak berputar-putar dalam cerita yang itu-itu saja.

Untuk cerita pembentukan Club D7++ ini saja diulang sampai dua kali, pertama di pembukaan, dan yang kedua di halaman 25. Tragedi Lingirie yang menyebabkan Akmal mejadi tersagkapun mengalami pengulangan sampai beberapa kali, yang terus terang kalau halaman itu dilewatkan tidak akan mengurangi bobot cerita. Malah membuat pembaca, khususnya saya,  merasa bosan.

Ending yang mengejutkan

Banyak hal yang tak terduga di dalam novel setebal 216 halaman ini. Pengagum rahasia terungkap atas kegigihan dan kemampuan Archi yang tentu saja bekerja sama dengan Liana.

Latar belakang kehidupan Donna yang kerap mengalami dan menyaksiksan kekerasan fisik dari sang ayah menyebabkan Donna sangat membenci laki-laki, dan mencintai perempuan. Perempuan itulah Liana, yang selalu mendapat pesan singkat berisi kekaguman dan cinta XX. XX adalah lambang kromosom perempuan. Ya XX Adalah perempuan, yang dalam bahasa Italinya adalah Donna.

Novel ini bagus, meski gangguan kecil terselip di dalamnya. Saya kagum kepada penulsnya yang mampu mengajak pembaca mengembara dalam imajinasi, persis seperti membaca cerita detektif. Menarik !!! (Nai)

Iklan

5 Komentar

Filed under Novel

5 responses to “Teka Teki Pengagum Rahasia

  1. Novel yang bagus adalah yang mampu membuat pembaca mengimajinasikan apa yang dibacanya. Terimakasih mbak infonya. AYO SELAMATKAN HUTAN KITA

    ->iya benul 😀

  2. maryulismax

    wahhh… asyik juga ceritanya. Mau beli, tapi antrian lagi byk. terpaksa hanya baca repiyunya aja 😀

  3. wah ngiri lama aku tak ke toko buku…

  4. osamaliki

    Betul, saya juga suka endingnya yang tidak tertebak. Btw yang sampean ulas disini kog kebetulan saya juga baca ya..? haha..salam.

  5. Ping-balik: Blog ParcelBuku.Com » Blog Archive » Teka Teki Pengagum Rahasia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s